Update Berita Terbaru 2021

Tuesday, August 17, 2021

Langkah Tepat Membersihkan Sepatu Tenis Pria

August 17, 2021 Posted by mirajudin , , No comments

Sebagai seorang pria yang gear bermain tenis, tentu Anda mengetahui jika sepatu tenis adalah jenis sepatu khusus yang umumnya memiliki harga yang cenderung mahal. Oleh karenanya, melakukan perawatan yang tepat pada sepatu tenis pria yang Anda miliki adalah suatu keharusan. Dengan perawatan yang tepat, tentu saja produk sepatu Anda akan lebih awet.

Nah, meskipun terdengar sepele, namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk membersihkan dan merawat sepatu tenis tersebut. Padahal, kesalahan dalam perawatan bisa saja membuat sepatu tersebut cenderung lebih mudah rusak.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan dan merawat sepatu tenis tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Tips dan Cara Membersihkan Sepatu Tenis Pria

Sebenarnya, untuk membersihkan serta merawat sepatu tenis, ada beberapa langkah yang cenderung mudah untuk dilakukan. Nah, adapun beberapa langkah yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lepas seluruh bagian sepatu

Tahukah Anda bahwa sepatu tenis bisa dicuci dengan menggunakan mesin? Nah, fakta ini tentu akan memudahkan Anda dalam perawatan sepatu tenis. Dalam hal ini, Anda tidak perlu repot mencuci sepatu secara manual.

Sebelum mulai mencuci sepatu tenis tersebut, lepas seluruh bagian sepatu terlebih dahulu. Dalam hal ini, minimal lepas sol lapisan dalam serta tali sepatu. Tentu, sol sepatu tidak perlu dicuci dengan mesin. Anda hanya perlu merendam dengan menggunakan campuran air hangat serta soda kue.

2. Cuci sepatu dengan hati-hati

Memang, produk sepatu tenis bisa dicuci dengan menggunakan mesin. Hanya saja, bisa jadi ada peringatan dari pabrikan yang mengatakan jika sepatu tersebut membutuhkan perawatan khusus. Jika Anda menemukan adanya peringatan tersebut, tentu Anda harus mencuci sepatu dengan hati-hati.

Untuk mencuci dengan hati-hati, langkah pertama adalah rendam sepatu dalam air dingin. Tujuan perendaman ini adalah untuk membuat kotoran yang menempel bisa terlepas. Perendaman umumnya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja.

Selanjutnya, masukkan sepatu ke dalam kantong laundry. Gunakan air hangat serta detergen yang tepat. Usahakan untuk mencuci sepatu bersamaan dengan handuk tebal agar mesin tidak berisik saat mencuci sepatu tersebut.

3. Keringkan sepatu dengan bantuan angin

Meskipun sepatu tenis bisa dicuci dengan menggunakan mesin, namun jangan pernah menggunakan mesin pengering untuk mengeringkannya. Ya, penggunaan mesin pengering nantinya hanya akan merusak permukaan sepatu dan membuatnya lebih mudah pecah.

Untuk mengeringkan sepatu, Anda hanya perlu menjemur agar terkena angin. Dalam hal ini, hindari menjemur sepatu di bawah paparan sinar matahari yang terlalu panas. Hal ini juga berpotensi merusak permukaan sepatu. 

Cara ini memang cenderung memerlukan waktu yang lebih untuk mengeringkan sepatu. Namun, dengan cara tersebut, sepatu tenis yang Anda miliki akan cenderung lebih aman.

4. Semir sepatu

Setelah sepatu kering sempurna, Anda bisa melakukan perawatan selanjutnya. Salah satu perawatan yang disarankan adalah menyemur sepatu. Dengan perawatan ini, nantinya Anda akan memiliki sepatu tenis yang terlihat lebih bersih dan terjaga hingga tampak seperti baru.

Hanya saja, pastikan jika Anda menyemir sepatu dalam keadaan sepatu yang benar-benar kering. Juga, pastikan jika Anda menggunakan produk semir yang aman untuk bahan sepatu tenis yang Anda miliki.

Beberapa tips di atas bisa diterapkan untuk mencuci serta merawat sepatu tenis pria. Sebagaimana diketahui, perawatan yang tepat nantinya akan membuat sepatu cenderung lebih awet dan tentu saja semakin nyaman saat digunakan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment