Update Berita Terbaru 2021

Thursday, August 26, 2021

Kenali Manfaat Dan Efek Samping Dari Pompa Asi Elektrik

August 26, 2021 Posted by mirajudin , , No comments

Sebelum menggunakan Pompa ASI elektrik, sebaiknya kamu perlu mengetahui apa itu pompa elektrik dan efek samping penggunaan pompa ASI otomatis ini. Pompa elektrik sendiri berfungsi untuk membantu para ibu memompa ASI dan dapat disimpan untuk digunakan di lain waktu. Pompa ini sudah banyak dijual di pasaran dan mudah ditemukan baik dari pompa yang manual hingga elektrik.

Pada umumnya penggunaan pompa ASI Mesin digunakan oleh para ibu karena  beberapa kondisi seperti seorang ibu yang melahirkan secara prematur, ibu yang melahirkan anak kembar, terdapat produksi ASI berlebih pada ibu, dan paling sering digunakan oleh para ibu yang bekerja atau berkarier karena keterbatasan waktu yang dimiliki untuk menyusui anaknya.

Selain itu, perlu dipahami juga manfaat lebih lanjut penggunaan pompa ASI otomatis, meskipun harganya sedikit berbeda dengan pompa manual tetapi tawaran kemudahan yang ditawarkan pompa elekrik juga tidak kalah efisien. Manfaat-manfaat itu diantaranya adalah penghematan waktu dalam memompa, berbagai fitur dan spesifikasi yang sangat praktis, tidak memakan banyak tenaga, terdapat berbagai model pompa, dan lebih higienis karena lebih mudah dibersihkan. Tentunya dengan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh pompa jenis elektrik ini, rasanya tidak sia-sia jika harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membelinya.

Namun, sebaik-baiknya sebuah produk pasti terdapat kekurangan atau efek sampingnya. Tidak terkecuali Pompa ASI elektrik ini, karena pada kenyataanya tidak semua ibu nyaman menggunakan pompa jenis ini. Maka, sebelum memilih jenis pompa kamu perlu mengetahui terlebih dahulu pompa mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat timbul dari penggunaan pompa elektrik.

Bayi dapat mengalami bingung putting

Bingung putting dapat disebabkan karena anak mulai terbiasa tidak minum secara langsung melalui payudara melainkan menggunakan botol ASI. Jika hal ini terus terjadi, maka ketika ibu mulai menyusui anak secara langsung maka terkadang respon anak bingung putting atau sudah lupa bagaimana caranya menyusu.

Puting Ibu lecet

Penggunaan pompa elerik yang berlebihan terkadang juga dapat melukai putting sang ibu, hal ini biasanya terjadi karena ukuran flens atau corong tidak pas dengan ukuran payudara dan ibu memaksakan memompa dengan kecepatan maksimal.

Terkontaminasi

Segala benda yang berkaitan dengan bayi memang harus dijamin kebersihannya, tak terkecuali pompa ASI. Kebersihan pompa ASI harus sangat diperhatikan, pompa harus dibersihkan dengan cara yang benar dan sesuai agar pompa ASI tidak terkontaminasi dengan bakteri atau kuman di sekitar. Anak dapat terganggu kesehatannya apabila pompa sudah terkontaminasi dengan kuman, virus atau bakteri. Biasanya pompa ASI dibersihkan dengan cara direbus dengan air panas agar kumannya mati.

Perawatan yang rutin dan menghabiskan banyak waktu

Selain perawatan dan kebersiham pompa yang harus dijaga, pompa elektrik juga harus dirawat secara berkala. Hal ini dikarenakan, peforma pompa ASI dapat menurun seiring dengan pemakaiannya seperti kecepatan menurun atau lama di isi daya. Hal ini tentunya sangat memakan waktu dan biaya apalagi jika pompa membutuhkan 1-2 hari perawatan sedangkan stok ASI sudah hampir habis.

Kenali produk pompa ASI elektrik pilhanmu melalui situs belanja online terbesar blibli.com yang akan menyediakan berbagai produk yang berkualitas dan dapat membantu kamu mempertimbangkan dalam memilih pompa ASI. Tidak perlu ragu cukup klik blibli.com dan temukan segala kebutuhan sang buah hati di blibli.com. 

0 comments:

Post a Comment