Update Berita Terbaru 2021

Friday, August 20, 2021

Cara Mudah Mencegah Alergi Sabun Cuci Piring

August 20, 2021 Posted by mirajudin , , No comments

Apakah Anda pernah mendengar tentang alergi sabun cuci piring sebelumnya? Perlu diketahui bahwa masalah alergi ini bisa dialami oleh beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kulit cenderung sensitif ataupun masalah kulit tertentu. Nah, umumnya, alergi ini terjadi karena paparan kandungan bahan kimia di dalam produk sabun tersebut.

Nah, seseorang yang mengalami sabun cuci piring akan mengalami beberapa gejala. Gejala yang cenderung umum terjadi pada kasus ini adalah ruam yang kemerahan, munculnya benjolan kecil ataupun adanya sensasi kulit terbakar. Meskipun bisa reda dalam beberapa waktu, masalah ini tetap saja sangat mengganggu.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah alergi sabun cuci piring yang terjadi. Bagaimana saja cara tersebut? Simak ulasannya!

Tips Untuk Mencegah Terjadinya Alergi Sabun Cuci Piring

Berbincang tentang alergi sabun cuci piring, ada beberapa tips yang cukup mudah dan bisa dilakukan untuk pencegahan agar masalah ini tidak terjadi pada Anda. Adapun beberapa tips yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hentikan penggunaan sabun cuci piring yang menyebabkan alergi

Jika Anda menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci perabot dapur dan mengalami alergi, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera menghentikan penggunaan sabun tersebut. Ya, alergi yang muncul menandakan bahwa ada reaksi bahan kimia yang tidak bisa diterima oleh kulit Anda.

Tentu, melanjutkan penggunaan sabun cuci piring tersebut justru akan memperparah dampak yang akan ditimbulkan. Anda bisa mencoba beralih dengan menggunakan produk sabun cuci piring merek lain yang lebih aman. 

2. Menggunakan sarung tangan karet

Pencegahan dari masalah alergi sabun cuci piring juga bisa dilakukan dengan menggunakan sarung tangan karet saat mencuci. Ini adalah hal yang cukup tepat dilakukan karena sarung tangan karet akan melindungi kulit Anda bersentuhan secara langsung dengan sabun cuci piring yang digunakan.

Nah, saat ini, ada cukup banyak produk sarung tangan karet tersebut di pasaran yang bisa dijadikan pilihan. Bahkan, beberapa produk juga dilengkapi dengan alat bantu untuk memaksimalkan upaya membersihkan noda. Hanya saja, penggunaan sarung tangan karet secara terus menerus bisa saja menyebabkan reaksi negatif bagi seseorang dengan kulit terlalu sensitif. 

3. Mencuci piring dalam waktu singkat

Untuk menghindari masalah alergi sabun cuci piring yang mungkin muncul, ada baiknya jika Anda tidak berlama-lama untuk mencuci piring. Ya, usahakan untuk mencuci piring dalam waktu yang relatif singkat. Cobalah membatasi waktu cuci piring sekitar 15 hingga 20 menit saja.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mencuci piring dan perabot lainnya satu per satu. Misalnya, setelah makan, Anda langsung mencuci piring yang kotor. Langkah semacam ini akan membuat Anda tidak terlalu lama melakukan kontak dengan sabun cuci piring sehingga risiko alergi menjadi lebih kecil. 

4. Melepas aksesoris yang dikenakan di tangan

Apakah Anda sering mengenakan aksesoris berupa cincin, gelang atau jam tangan? Nah, pada saat mencuci, ada baiknya jika Anda melepas aksesoris tersebut terlebih dahulu. Poin ini juga penting untuk mencegah terjadinya alergi yang mengganggu.

Perlu diketahui bahwa sabun cuci piring bisa saja menyelinap dan terjebak diantara aksesoris tersebut dalam waktu yang lama. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja nantinya Anda akan terkena dampak alergi yang sangat merugikan.

Nah, beberapa hal di atas bisa dijadikan tips untuk mencegah alergi sabun cuci piring. Sebagai tambahan, pilih produk sabun cuci piring yang tepat seperti Sparkle agar Anda bisa mencuci tanpa khawatir alergi!

0 comments:

Post a Comment