Update Berita Terbaru 2021

Saturday, March 20, 2021

Tips Merawat Printer Rumahan Agar Semakin Awet

March 20, 2021 Posted by mirajudin , , No comments

Saat ini, printer untuk rumah merupakan salah satu bagian penting dalam aktivitas sehari-hari. Perangkat tersebut digunakan untuk mencetak foto/dokumen yang diperlukan dalam sebuah pekerjaan. Tak hanya itu, para pengusaha percetakan pun tentu memerlukan perangkat tersebut untuk menyelesaikan orderan. 

Nah, bicara mengenai printer rumahan, terdapat beberapa tips merawat printer yang bisa disimak agar printer tersebut awet dan tahan lama, di antaranya:

1. Selalu jaga kebersihan printer

Setelah menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu printer dengan lap dan jika tidak ada rencana untuk memakainya maka sangat penting bagi Anda untuk menutup printer tersebut agar tidak terkena kotoran. Terutama pada bagian yang digunakan untuk meletakkan kertas.

Pasalnya, bagian tersebut sangat rentan dimasuki debu dan kotoran. Jika Anda membiarkan hal ini terjadi maka kotoran yang masuk ke dalam bagian tersebut tentu akan menumpuk dan mengganjal kertas. Bahkan, kotoran tersebut bisa masuk dan menempel pada printer head yang mana dapat mengganggu kualitas cetakan dan membuatnya menjadi cepat rusak. Setidaknya, Anda perlu membersihkan printer tersebut secara berkala dalam satu pekan supaya kebersihannya tetap terjaga. 

2. Gunakan printer secara rutin

Printer yang digunakan secara rutin tentu akan jauh lebih awet jika dibandingkan dengan printer yang jarang digunakan. Pasalnya, printer yang rutin digunakan tentu memiliki kondisi mesin lebih prima dan optimal. Namun, ada baiknya Anda tetap menggunakannya dalam batas wajar dan jangan berlebihan karena dapat mempercepat rusaknya printer. Namun demikian, jangan sampai mendiamkan printer tersebut karena dapat mengakibatkan tinta menjadi cepat kering.

3. Matikan printer jika tidak digunakan

Printer tentunya membutuhkan waktu untuk beristirahat. Untuk itu, jika Anda tidak menggunakannya maka lebih baik untuk mematikan printer tersebut. Dengan begitu, printer dapat beristirahat sejenak setelah melakukan tugasnya untuk mencetak dokumen.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan bahwa mematikan printer perlu dilakukan dengan cara yang benar. Yakni dengan tidak langsung cabut kabel adaptor yang menempel ke saluran listrik. Anda bisa mematikan printer tersebut dengan cara menekan tombol on/off sampai semua lampu pada printer mati. Setelah itu Anda bisa mencabut kabel listrik dari printer tersebut termasuk kabel USB yang menghubungkannya dengan komputer.

4. Segera ganti tinta sebelum habis

Tips merawat printer selanjutnya adalah dengan rutin mengganti tinta printer sebelum habis. Jangan sampai Anda tidak mengetahui bahwa tinta printer Anda sudah habis tapi masih tetap digunakan. Jika hal tersebut terjadi, maka printer dapat mengalami error sehingga keterlambatan dalam pengisian tinta akan membuat kondisi kartrid menjadi tidak normal bahkan bisa jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Seperti itulah tips merawat printer dengan baik dan benar. Anda bisa memerhatikan beberapa tips di atas agar printer di rumah tidak mudah rusak saat digunakan.

0 comments:

Post a Comment