Update Berita Terbaru 2021

Tuesday, March 9, 2021

7 Keuntungan Telematics untuk Fleet Management

March 09, 2021 Posted by mirajudin , , No comments

Secara garis besar, telematics adalah teknologi dalam manajemen telematics fleet yang diterapkan untuk memonitor beragam informasi terkait dengan armada kendaraan yang dioperasikan oleh bisnis Anda. Contohnya lokasi, perilaku pengemudi, aktivitas kendaraan, kondisi mesin, bahkan hingga visualisasi data pada platform software yang sudah dikustom, seperti yang bisa dilakukan oleh telematics milik KTB Fuso di https://ktbfuso.co.id./service/telematics.

Keuntungan Telematics dalam Fleet Management

Teknologi telematics dikembangkan bersamaan dengan kemajuan teknologi internet pada pertengahan tahun 1990-an. Oleh karena itu, telematics adalah teknologi paling handal untuk membantu bisnis Anda mengelola armada kendaraan yang dimiliki dan dijalankan.

Berikut ini adalah 7 keunggulan teknologi telematics untuk fleet management.

  1. Penurunan biaya bahan bakar. Biaya bahan bakar adalah faktor terpenting yang paling sering dihadapi para operator armada. Pasalnya, biaya bahan bakar berdampak langsung terhadap efisiensi operasional armada. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendeteksi pemborosan konsumsi bahan bakar, agar Anda juga bisa memangkasnya demi meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Dan tugas tersebut dapat dibantu oleh telematics lewat perencanaan rute dan pengurangan waktu idle mesin.
  2. Maintenance yang lebih efektif biaya. Teknologi telematics juga menyediakan informasi peringatan seperti ketika ada masalah mekanis pada kendaraan. Jadi, Anda pun bisa menanganinya sedini mungkin, yang berarti juga mengurangi downtime dan mempermudah penjadwalan maintenance.
  3. Meningkatkan komunikasi dengan pengemudi. Dulunya, para operator armada sering mengalami kesulitan untuk menjangkau pengemudi yang sedang beroperasi di jalan. Tapi, berkat adanya telematics, proses komunikasi antara pusat dan pengemudi di jalanan jadi lebih mudah dan sederhana.
  4. Meningkatkan keamanan. Salah satu faktor lain yang harus dihadapi dan diperhatikan operator armada adalah keamanan. Dengan telematics, operator di pusat pun bisa menjamin aspek keamanan armada maupun pengemudi dengan memonitor perilaku pengemudi serta performa kendaraan. Jadi, jika ada aktivitas yang tidak aman – misal pengemudi menyetir di atas batas kecepatan – operator pun bisa memberikan peringatan dengan segera.
  5. Manajemen kendaraan. Karena sistem manajemen armada berbasis telematics mempermudah manajer dalam melacak masing-masing kendaraan, manajer pun bisa menugaskan kendaraan kepada pengemudi dengan lebih cepat dan merencanakan rute dengan lebih efisien.
  6. Menjaga kepatuhan terhadap aturan. Operasional yang baik bagi pengelola armada salah satunya ditunjukkan dengan kepatuhan terhadap ketentuan dan aturan, sehingga Anda bisa menghindari penalti atau denda. Telematics sendiri bisa membuat jurnal untuk masing-masing kendaraan dan pengemudi, yang juga berarti penjadwalan pengemudi jadi lebih baik sehingga pengemudi pun mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  7. Untuk penilaian risiko asuransi. Perusahaan asuransi bisa menggunakan telematics untuk memonitor perilaku pengemudi, sehingga mereka pun bisa menilai faktor-faktor risiko secara lebih akurat untuk membuat penyesuaian pada premi asuransi.

Itulah ulasan singkat tentang telematics dan keunggulan teknologi ini. Bagaimana, apakah Anda semakin berminta mengimplementasikan teknologi ini?

0 comments:

Post a Comment