Update Berita Terbaru 2020

Wednesday, April 1, 2020

Pengertian Disleksia Dari Sudut Pandang Medis

April 01, 2020 Posted by mirajudin , , No comments

Apa itu disleksia dalam penjelasan medis? Kebanyakan orang beranggapan bahwa Disleksia adalah penyakit yang membuat penderitanya tidak bisa mengingat. Hal itu sangat jelas salah, pengertian disleksia yang benar yaitu penderita mengalami kesulitan dalam proses membaca sehingga proses belajar menjadi terganggu. Gangguan proses membaca yang di maksud yaitu ketika penderita disleksia membaca suatu kalimat maka huruf seakan-akan teracak ketika dilihat melalui mata dan masuk ke otak. Penderita juga akan kesulitan untuk mengaplikasikan kata yang dibaca untuk ditulis ke buku menjadi susunan kalimat.

Pada kasus ini disleksia dapat dikatakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem syaraf pada otak yaitu memroses bahasa. Penyakit ini biasanya dikarenakan faktor keturunan dan penyakit disleksia tidak dapat sembuh hingga dewasa namun penyakit disleksia dapat diatasi dengan cara tertentu sehingga membuat penderita terbiasa membaca dengan caranya sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa seseorang yang mengalami disleksia akan kesulitan untuk membaca dan pastinya akan sulit untuk menghafal bahasa dengan penerapan membaca. Pada penerapan penghafalan bahasa kita bisa menerapkan dengan menghafal melalui pendengaran dan ingatan sehingga anak akan mudah untuk menghafal bahasa melalui sistem mendengar dan mengingat.

Jika kamu berpikiran bahwa Disleksia mengganggu sistem kinerja otak dan membuat otak penderitanya berkurang itu salah besar, karena disleksia tidak sama sekali mengganggu sistem otak. Faktanya seseorang yang mengalami disleksia malah dapat membaca lebih cepat dibandingkan orang normal yaitu sistem membaca dengan caranya sendiri. Penyakit disleksia bukan tidak memiliki gejala, pada penyakit ini gejala dapat dirasakan saat umur 1-2 tahun jika orang tua benar-benar memperhatikan tumbuh kembang anak. Namun ada pula orang tua yang mengetahui bahwa anaknya terkena disleksia pada saat sudah remaja hal ini sangat berbahaya bagi sistem belajar dan tumbuh kembangnya loh. 

Bagaimana sih cara mengetahui anak yang mengalami disleksia? Memang tidak mudah untuk mengetahui jika anak kita terkena disleksia kita harus benar-benar memperhatikan setiap pertumbuhan dan gerak-gerik sang anak. Jika dirasa ada yang terganggu dalam proses belajar seperti membaca dan menulis maka kita wajib curiga dan segera bawa sang anak ke dokter untuk mendiagnosis hal tersebut. Tentunya dokter juga akan melontarkan beberapa pertanyaan agar dapat mengetahui secara jelas apakah anak kita mengalami disleksia atau hanya sekedar lambat saja dalam membaca. 

Pada penyakit disleksia ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti gejala yang harus mulai dikenali sedini mungkin. Apa saja sih gejala yang dapat dikenali untuk penyakit disleksia berikut simak ulasannya.

-Proses belajar berbicara yang lambat.
-Sulit memahami apa yang didengar.
-Terkesan sulit memilih kata-kata ketika diberikan pertanyaan.
-Sulit mengingat sesuatu yang bahkan sering dijumpai setiap hari.
-Kesulitan belajar membaca dan menghitung.
-Terkesan menghindar saat proses belajar membaca.

Gejala di atas sebenarnya hanya beberapa saja kalian dapat lebih mengevaluasi gejala di atas dengan pengamatan kalian sendiri sehingga dapat lebih mudah mengenalinya. Nah itulah informasi seputar Pengertian disleksia dalam pandangan medis. Sekali lagi  jangan merasa bahwa memiliki anak disleksia adalah suatu kekurangan faktanya ada beberapa orang yang paling berpengaruh di dunia yang mengalami penyakit disleksia, jadikanlah penyakit sebagai motivasi untuk lebih hebat dari orang normal agar dari penyakit itulah orang-orang normal akan merasa respect karena kita yang memiliki penyakit malah lebih maju dari orang normal.

0 comments:

Post a Comment