Update Berita Terbaru 2020

Tuesday, November 12, 2019

3 Hal yang Dipertimbangkan Saat Menggunakan Jasa Agen Properti rumah

November 12, 2019 Posted by mirajudin , , , No comments

Agen properti rumah memegang andil yang cukup besar terhadap transaksi properti.  Oleh karena itu sudah wajib hukumnya bagi Anda untuk bersikap selektif terhadap agen properti, jangan sampai Anda mendapatkan developer properti yang tidak bertanggung jawab dan bersikap nakal. 

Hal yang sering terjadi atau dilakukan oleh agan properti yang tidak bertanggung jawab adalah membuat atau membangun produk yang tidak sesuai janji bahkan bisa membawa kabur uang Anda. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk membeli rumah, simak beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dari agen properti rumah seperti berikut ini:

Kredibilitas dan Legalitas

Hal yang harus Anda pertimbangkan dari agen properti rumah pertama adalah kredibilitas. Setiap agen dan developer ini memiliki kantor dan perusahaan sehingga penting bagi Anda untuk tidak memiliki agen dari perusahaan yang tidak berbadan hukum. Hal itu dikarenakan untuk bisa mendirikan sebuah jasa membutuhkan syarat dan langkah-langkah tertentu, sehingga tidak asal dalam mendirikan perusahaan. Selain itu yang terpenting adalah memiliki rekam jejak yang bagus dalam memberikan jasa properti tersebut. 

Anda juga harus memperhatikan apakah agen tersebut memiliki sertifikat atau surat izin beroperasi atau tidak dimana hal tersebut bisa menunjukkan seperti apa legalitas dan juga kredibilitasnya. Anda sebagai konsumennya berhak untuk menanyakan surat izin dari agen tersebut apakah sudah memiliki surat izin beroperasi atau tidak.

Legalitas Properti

Agen properti yang nakal akan menawarkan properti tanpa disertai dengan  legalitas. Pastikan area tanah yang akan dibangun perumahan tersebut telah memiliki sertifikat induk. Anda berhak untuk menanyakan dan melihat sendiri sertifikat tersebut. Jika sertifikat tersebut dijadikan sebagai agunan untuk keperluan proyek maka Anda bisa melihat akta pemberian Hak Tanggungan dan juga Sertifikat Tanggungan. Sementara jika legalitas lokasi perumahan Anda masih berupa izin lokasi, hal terebut akan sangat tinggi risikonya sehingga alangkah baiknya Anda menanyakan foto copy induk sertifikatnya. Developer atau agen yang baik tidak akan ragu untuk menunjukkannya kepada Anda. 

Komitmen

Agen yang baik akan memiliki komitmen dengan Anda sebagai konsumennya. Ketika mereka mempromosikan perumahannya pengembang akan menjanjikan berbagai macam fasilitas mulai dari fasilitas rumah itu sendiri sampai dengan fasilitas pendukung seperti pusat belanja, club house, fasilitas rekreasi, dan lain sebagainya. Dengan regulasi perbankan mungkin developer akan mengabaikan fasilitas yang pernah dijanjikan agar bisa menekan biaya. Melihat hal tersebut ada baiknya Anda sebagai konsumen mendapatkan kejelasan fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Anda juga bisa membuat perjanjian dengan developer berhubungan dengan ketetapan waktu serah terima dan juga kualitas bangunan sebelum melakukan pemesanan.

Tidak semua agen properti rumah memiliki performa dan kredibilitas seperti yang Anda harapkan sehingga bersikaplah teliti sebelum melakukan pembookingan atau beli properti rumah .

0 comments:

Post a Comment