Update Berita Terbaru 2020

Wednesday, August 21, 2019

Pentingnya Manfaat Asuransi Bagi Tim HR Perusahaan dalam Memilih Pegawai Terbaik

August 21, 2019 Posted by mirajudin , No comments

Perusahaan membutuhkan karyawan yang sehat dan produktif untuk terus berjalan sesuai fungsi yang direncanakan. Tidak salah jika banyak opini muncul tentang pentingnya manfaat asuransi bagi tim HR perusahaan untuk menemukan kandidat-kandidat terbaik. 

Setiap bisnis pasti menginginkan keuntungan maksimal dengan menyeleksi orang-orang yang bisa diandalkan dalam menyelesaikan tugas sesuai devisi masing-masing. Pemberian asuransi kesehatan kepada para karyawan, secara tidak langsung menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap nasib para pekerja dan tidak hanya memikirkan laba saja. 

Bisa dikatakan jika karyawan merupakan salah satu aset penting untuk kemajuan perusahaan, sehingga perlu mencari partner pelayanan terbaik untuk mereka, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kerja atau hal buruk lainnya. Sayangnya, di Indonesia belum semua tempat kerja memberikan jaminan kerja. Padahal, banyak sekali manfaatnya. Berikut penjelasannya. 

Jaminan Kerja

Saat HR melakukan proses perekrutan, benefit asuransi jiwa yang ditawarkan menjadi hal penting yang akan dipertimbangkan calon karyawan selain besaran gaji. Hal ini akan memudahkan tim HRD untuk mencari karyawan lebih cepat dan tepat. 

Pegawai yang memberikan dampak positif dalam pekerjaannya tidak mudah ditemukan, berbeda dengan mesin yang bisa dibeli kapan saja. Sehingga sangat pantas mendapatkan pelayanan kesehatan untuk menghargai dedikasinya kepada perusahaan. Selain itu, jaminan kecelakaan kerja bisa mendorong para pekerja untuk lebih maksimal dengan tetap memperhatikan standar keselamatan. 

Banyak jenis jaminan untuk karyawan seperti asuransi kecelakaan, dana pensiun atau pesangon, jaminan kesehatan, dan lain-lain. BPJS memberikan pelayanan kesehatan tertentu saja, artinya tidak mencakup semua pengobatan. Jadi, sangat perlu asuransi lainnya untuk berjaga-jaga. 

Memberi pelayanan lebih mudah 

Jika sewaktu-waktu seorang karyawan potensial mengalami kejadian buruk dalam bekerja, perusahaan tentu tidak bisa hanya diam dan berbelasungkawa dengan lisan saja. Apabila sudah memberikan asuransi untuk semua pegawai dari awal, maka pihak HR tidak perlu lagi repot memikirkan santunan yang harus diberikan karena semua biaya akan ditanggung partner asuransi. 

Perwujudan rasa terima kasih 

Perbandingan keuntungan yang didapatkan perusahaan dari kerja keras pegawai lebih besar dibandingkan gaji yang diberikan kepada para pekerja. Oleh karena itu, sudah selayaknya rasa terima kasih diwujudkan dalam bentuk asuransi kesehatan yang baik sebagai bentuk perhatian lebih dari perusahaan. Hal ini akan dinilai sebagai penghargaan oleh pegawai.

Harga diri perusahaan 

Beberapa pendapat mengemukakan, jika asuransi bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga harga diri perusahaan di mata para rekanan bisnis. Dengan adanya jaminan layanan kesehatan fisik dan jiwa, serta dana pensiun menjadi alasan kuat bagi karyawan untuk terus menetap dan tidak melirik perusahaan lainnya. 

Tidak bisa dipungkiri, pegawai juga ingin semua urusan kesehatan dan pengobatan mendapat jaminan asuransi dari perusahaan. Karena nilai gaji yang mereka terima bisa digunakan untuk keluarga dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sementara tabungan bisa untuk biaya anak sekolah dan lainnya. Jaminan ini menjadi poin menarik dalam setiap interview kerja bagi pelamar. 

Mendapat kepercayaan dari klien 

Manfaat lainnya dari pemberian asuransi kepada pegawai adalah mendapat kepercayaan besar dari klien. Apabila perusahaan mendapatkan semua poin positif ini, maka urusan bisnis bisa lebih mudah dan keuntungan akan menyertainya. Klien yang sudah menaruh kepercayaan tentunya tidak ingin rekan kerja mereka diisukan negatif karena tidak menjamin kesejahteraan para pegawai. 

Isu yang kurang baik akan sangat berpengaruh pada bisnis yang dijalankan, mengenai dampaknya tergantung seberapa besar berita buruk yang sudah beredar. Tidak hanya media saja yang bisa menghancurkan kesan positif yang sudah dibangun bertahun-tahun, kekecewaan karyawan akibat perlakuan perusahaan bisa lebih tajam karena disebar dari mulut ke mulut. 

Perusahaan memiliki kewajiban untuk melindungi semua orang yang ada di bawah kendalinya, termasuk karyawan tingkat bawah. Pemberian asuransi tidak hanya mencerminkan kepedulian kesehatan saja, tetapi juga prestasi positif yang akan dilihat para rekan bisnis. Hal ini juga baik untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan baru yang terus bermunculan. 

Setelah menyimak manfaat-manfaat asuransi kesehatan untuk pegawai di atas, tim HR perusahaan bisa langsung mendiskusikannya kepada direktur tentang pengadaan asuransi.

0 comments:

Post a Comment