Waspadai penyebab dari ruam kulit

Ruam kulit adalah kelainan pada warna atau tekstur kulit yang gatal , mengakibatkan radang kulit yang bisa disebabkan oleh banyak hal . keadaan ini sebagai erupsi lesi kulit yang luas dan keadaan ini dapat bervariasi dalam penampilan dan diakibatkan oleh banyak penyebab . 



Lalu dilansir dari halodoc ada beberapa penyebab ruam kulit bisa dikarenakan ruam kulit dapat efek samping dari obat obatan , reaksi alergi , atau penggunaan kosmetik . ada juga beberapa kondisi yang menyebabkan ruam pada kulit antara lain ,

1.       Lupus
Penyakit inflamasi kronis ini biasanya disebabkan oleh kesalahan system kekebalan tubuh yang dapat menyerang jaringan serta organ tubuh kita dan gejala yang ditimbulkan akan dirasakan pengidapnya secara langsung seperti rambut rontok , serta ruam merah dan bulat menyerupai sisik pada kulit .
2.       Luka bakar
Penyebab luka bakar ini dikarenakan bahan kimia rumah tangga maupun kimia industru . hal ini menyebabkan luka baar terasa menyakitkan dan mengakibatkan kulit memerah , mengelupas , melepuh , hangus hingga bahkan bisa terjadi pembengkakan .
3.       Alergi dikarenakan obat
Gejala yang bisa dialami pengidap dalah ruam disertai dengan demam dan biduran . inilah yang diakibatkan dari alergi obat dari system kekebalan tubuh terhadap obat yang dikonsumsi .
4.       Campak
Gejala yang ditimbulkan oleh campak ini yaitu mata merah dan sensitive padaaya , radang tenggorokan , demam dan hidung beringus serta bercak putih ke abu abuan pada mulut dan tenggorokan , infeksi campak biasanya juga disebabkan oleh virus yang mengakibatkan ruam pada tubuh dan bisa menular ke orang lain .
5.       Scarlet fever
Gejala scarlet fever bisa muncul selain ruam atau seperti sakit tenggorokan , lidah membengkak , demam tinggi dan sakit kepala . penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan menyerang anak anak . karena scarlet fever mudah menular , penanganan yang tepat adalah dengan cara obat obatan antibiotic .
6.       Kurap
Penyakit kulit satu ini sudah biasa dikalangan masyarakat , penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit dan bisa terjadi juga pada kuku , kepala , selakangan dan kaki
7.       Cacar api
Penyakit cacar api atau biasanya disebut juga herpes zoster . pengidap ini biasanya mengalami gejala seperti demam , menggigil , sakit kepala dan nyeri pada tubuh .
8.       Cacar air
Penyakit ini disebablan oleh virus varisela zoster yang mempunyai gejala berupa ruam pada kulit dan khususnya berada pada didalam dibagian wajah , belakang telinga , kulit kepala , lengan dan kaki . pengobatan cacar air juga dapat dilakukan dengan paracetamol .
9.       Infeksi jamur
Ini adalah termasuk yang bisa menyebabkan ruam memerah , infeksi jamur adalah organism primitive yang hidup ditanah , udara , tanaman dan air tetapi juga ada jamur yang hidup pada manusia.
10.   Sengatan dan gigitan serangga
Biasanya racun serangga inilah yang menyebabkan ruam , gatal dan rasa tidak nyaman pada tubuh . reaksi alergi ini lah memang menyebabkan ruam dikarenakan memungkinkan munculnya racun yang dikeluarkan sengatan serangga .

11.   Ruam popok

Ini biasanya terjadi pada bayi ini dan ruam popok ini karena popok basah tetapi jarang diganti , kulit bayi sensitive dan kulit yang lecet . cara penggantian popok secara rutin , pemakaian salep dan mengeringkan dengan angina adalah cara pengobatan ruam popok

12.   Dermatitis kontak

Peradagan kulit yang terjadi karena kontak kontak dengan unsur asing karena alergi . 

0 Response to "Waspadai penyebab dari ruam kulit"

Posting Komentar