Peran SDM dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Industri 4.0


deskripsi: Dalam era globalisasi, SDM yang unggul dan memiliki keterampilan yang tinggi memegang sangat dibutuhkan. Untuk mendorong terciptanya SDM yang unggul, Kadin Indonesia menjadi solusinya.
Di era digital, Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang berpendidikan dan memiliki keterampilan tinggi sangat dibutuhkan. Harapannya, SDM yang unggul dapat membuat ekonomi kreatif menjadi bagian dari tulang punggung perekonomian Indonesia. Untuk itu, Kamar Dagang dan Industri Kadin juga berperan dalam upaya mendorong terciptanya SDM yang unggul.

Bagaimana Potensi Indonesia?

Menurut Rosan Perkasa Roeslani selaku Ketua Umum Kadin Indonesia, saat ini Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif yang besar. Kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia yang lebih produktif. Hal ini bertujuan agar mereka menjadi SDM yang memiliki keterampilan tinggi dan siap menerima tantangan ekonomi digital.
Selain itu, Indonesia juga sudah semestinya dapat memetik manfaat secara maksimal dari kondisi demografi yang didominasi oleh jumlah angkatan kerja produktifnya. Dengan kondisi zaman yang semakin maju terutama pada bidang teknologi, tentu sangat penting untuk mencetak kualitas SDM yang baik dan memiliki keterampilan bidang teknologi.
Menurut laporan yang disusun oleh Temasek, Google, dan Bain Company  hasil riset terbaru dari e-conomy SEA 2019, tren pertumbuhan ekonomi asia tenggara melaju pesat. Tak ketinggalan juga Indonesia. Dalam hal ini, pendorong pertumbuhan Asia Tenggara yang bersifat dinamis disebabkan karena adanya transformasi ekonomi Indonesia yang sangat luar biasa.
Dengan potensi ekonomi tersebut, tentu SDM unggul  di Indonesia perlu ditingkatkan agar pemanfaatan sumber dayanya juga lebih maksimal. Sebuah pertanyaan akan muncul, bagaimanakah cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar lebih unggul supaya bisa menciptakan Indonesia lebih produktif?

Cara Meningkatkan Kualitas SDM

Seperti yang kamu ketahui, SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan terutama dalam persaingan secara global, khususnya di era industri dan ekonomi digital. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sendiri dapat dilakukan dengan kemajuan di bidang pendidikan.
Pada peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, Kemenristekdikti menyampaikan jika keunggulan SDM dapat dilihat berdasarkan tingkat kreativitas dan inovasi yang dihasilkan. Lembaga penelitian,Perguruan tinggi, dan LPNK harus bekerja sama menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa.
Selain itu, ketiga elemen tersebut juga harus saling membahu, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas. Dalam pelaksanaannya, Kemenristekdikti juga memiliki program pendidikan. Salah satunya adalah program Kartu Indonesia Pintar Kuliah yang tahun 2019 ini akan menyasar 130.000 anak di indonesia.
Undang-Undang Sistem Nasional Iptek yang baru disahkan oleh DPR RI, menggantikan UU Nomor 18 tahun 2002 juga menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM. Tak hanya itu, peningkatan Iptek, karya-karya besar inovasi, dan invensi juga tak kalah ketinggalan.

Lalu, Seperti Apakah SDM Unggul Itu?

SDM unggul yang dimaksud merupakan kemampuan penduduk usia produktif dalam mengolah dan meningkatkan serta memaksimalkan segala potensi yang ada. Potensi tersebut terutama mengenai kemampuan dalam menggerakan ekonomi kreatif. Seperti misalnya pengembangan aplikasi, pengembangan kuliner dan kerajinan, desain interior, sampai DKV.
Dengan kemampuan menciptakan dan mengembangkan ekonomi kreatif, secara otomatis kondisi Indonesia juga akan lebih produktif.  Untuk meningkatkan sektor ekonomi kreatif, kantor dagang dan industri (kadin) Indonesia mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor unggulan.
Hal ini dilakukan lantaran UMKM memiliki peranan yang sangat penting serta strategis sebagai upaya dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Selain itu, UMKM juga dianggap terbukti mampu mengatasi pengangguran.
Pengembangan UMKM ini juga memiliki kaitan yang sangat erat dengan daya dukung serta inovasi dari ekonomi kreatif. Peningkatan UMKM ini akan terhambat jika tidak ada upaya peningkatan kreativitas yang inovatif. Akibatnya, produk UMKM akan kalah saing dengan produk UKM luar negeri.
Kesimpulannya, SDM unggul sangat penting dan diperlukan terutama dalam pengembangan dan pemanfaatan ekonomi kreatif yang inovatif dan bernilai tinggi. Hal ini dilakukan demi mewujudkan Indonesia yang produktif dalam berbagai bidang.
Dalam hal ini, berbagai pihak turut memberikan dukungan dan dorongan dalam proses pembangunannya, tak terkecuali Kadin Indonesia. Bahkan, Kadin ini turut serta dalam upaya pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik.

0 Response to "Peran SDM dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Industri 4.0"

Posting Komentar