10 Makanan Favorit yang Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolestrol biasanya lebih suka dikatakan suatu penyakit yang hampir tidak disadari setiap orang termasuk bagi pencinta wisata kuliner. Karena penyebab utama adanya penyakit kolestrol adalah makanan yang mengandung lemak berlebih sehingga terjadi penumpukan dalam darah, maka Anda perlu memiliki daftar makanan favorit yang dapat mengontrol kadar kolestrol Anda setiap hari.
Daftar 10 Makanan Favorit yang Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol



Alpukat
Alpukat memang dikenal dengan kaya lemak sehingga saat kolestrol sedang tinggi, banyak penderita kolestrol menghindari buah yang satu ini. Padahal buah alpukat memiliki asam lemak tak jenuh sehingga mampu menurunkan kolestrol jahat dari dalam tubuh

Tempe
Sama seperti alpukat, tempe sering dihindari bagi penderita kolestrol karena berasal dari kacang-kacangan sehingga dipercaya dapat terjadinya penyakit asam urat. Karena penderita kolestrol sangat rentan akan terjadinya asam urat. Dan ternyata anggapan itu adalah salah karena tempe memiliki niacin lebih banyak dari kacang kedelai. Sedangkan niacin tersebut mampu menurunkan kolestrol.

Apel
Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini yang terkenal dengan kaya serat dan kaya akan zat antioksidan. Dan jika Anda mengkonsumsi beserta dengan kulitnya maka kandungan pektin yang terdapat di dalam buah apel akan menurunkan kadar kolestrol Anda.

Teh
Berdasarkan penelitian, teh ternyata terbukti mampu mencegah terjadinya oksidasi kolestrol jahat dengan cepat. Jadi, jangan khawatir Anda mengkonsumsi teh setiap hari dengan jumlah yang wajar. Selain itu teh juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah akibat penyakit jantung.

Bayam
Makanan berkolestrol akan sulit untuk dihindari. Oleh karena itu Anda perlu mengkonsumsi sayur yang satu ini karena bayam dapat menetralkan makanan yang mengandung kolestrol.

Omega 3
Makanan favorit yang dapat mengontrol kadar kolestrol lainnya adalah makanan yang memiliki Omega 3 yang terdapat di dalam ikan. Dan omega 3 yang terbaik bisa Anda dapatkan pada ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sardine. Tetapi sangat disarankan untuk tidak menggoreng ikan-ikan tersebut melainkan ikan-ikan tersebut di kukus ataupun dibakar.

Mentega
Jika Anda ingin menggoreng makanan, alangkah baiknya menggunakan mentega terutama mentega yang berbahan dasar minyak biji kanola yang sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Jambu Biji Merah
Jambu biji merah kaya akan kandungan likopen. Dan ternyata likopen yang terdapat pada jambu biji merah berperan mengendalikan produksi kolestrol. Tapi sangat disarankan untuk memakannya untuk menghindari asam lambung berlebih.

Jamur
Jamur yang bisa dikonsumsi manusia kaya akan mineral yang dapat membantu memecahkan lemak menjadi senyawa yang sederhana sehingga akan membantu mengurangi kadar lemak jahat dan diganti menjadi kadar lemak baik.

Buah Kaya Vitamin C
Jika Anda rajin mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti mangga, jeruk, stroberi dan buah lainnya, maka Anda dinding pembuluh darah akan terhindar terbentuknya plak akibat oksidasi kolestrol jahat.

Jadi, segera masukkan 10 makanan favorit yang dapat mengontrol kadar kolestrol ini ke dalam menu sehat Anda setiap hari agar Anda terbebas dari kolestrol jahat.

0 Response to "10 Makanan Favorit yang Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol"

Posting Komentar