Jenis Tinta Yang Digunakan Untuk Print Kain


Printing kain banyak digunakan untuk industri fashion. Dibuat menjadi jilbab, baju atau tas. Dengan menggunakan printing kain, anda bisa membuat produk yang lebih eksklusif dan berbeda dengan lainnya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat anda. karena anda memiliki produk dengan motif kain yang unik. Bahkan anda bisa membuat motif sendiri sesuai yang diinginkan. Untuk membuat kain printing, membutuhkan tinta. Setiap jenis tinta menghasilkan cetakan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis tinta yang digunakan untuk cetak print kain berkualitas.


Disperse
Disperse termasuk jenis tinta yang banyak digunakan untuk printing kain. Sering digunakan pada kain yang terbuat dari material polyester, acrylic, lycra dan rayon acetate. Tinta jenis ini tidak bisa ditransfer atau dicetak lewat tinta transfer. Tinta ini hanya bisa digunakan pada kain melalui proses dipanaskan. Yaitu menggunakan teknik direct to tekstil. Hasil cetakan warnanya lebih tajam dibandingkan tinta sublimasi. Dibandingkan dengan tinta sublimasi, tinta ini memiliki harga yang lebih murah. Biaya produksinya pun lebih terjangkau, karena tidak membutuhkan transfer paper. Walaupun terkena sinar matahari terus menerus, cetakannya tidak mudah luntur.
Sublimasi
Sublimasi merupakan teknik cetak kain yang cukup popular. Proses cetak kainnya menggunakan transfer paper dan heat press. Kelebihan tinta ini memiliki daya tahan cuci yang sangat bagus. Tidak mudah pudar atau rusak. bisa digunakan pada jenis kain polyester, dengan hasil yang tajam dan menghasilkan warna bagus. Proses cetaknnya melalui proses dipanaskan dengan heat press roll. Dan hasil akhir kainnya bisa langsung dalam bentuk kain roll. Dibandingkan dengan lainnya, tinta sublime lebih ekonomis dan praktis. Hasil cetakannya pun bisa di setrika langsung dan tidak mudah menempel.
Reactive
Tinta reactive banyak digunakan pada kain dengan tekstur serat alami. Seperti kain linen, kain katun dan kain rayon. Tinta ini juga bisa digunakan pada jenis kain nylon, namun harus melalui proses fiksasi yang lebih rumit. untuk menghasilkan cetakan dengan warna cerah dan bagus, harus memperhatikan reaksi kimia pada kain. Salah satunya dengan menghilangkan atom hydrogen dari kain dan atom chlorine pada atom. Ini akan membuat tinta dan kain bisa menyatu dengan sempurna, kemudian menghasilkan cetakan yang bagus. Proses cetakan kainnya menggunakan mesin printer DTG dan sebelumnya harus dilakukan pre treatment, sehingga tinta menempel di kain dengan sempurna.
Pigment
Tinta pigment terkenal sebagai tinta cetak yang awet dan tidak mudah luntur. Namun hasil cetakan warnanya kurang cerah dan terlihat kusam di kain. Tinta pigment banyak digunakan pada kain katun. Tinta pigment dikenal juga dengan tinta durabrite. Tinta jenis ini akan tetap aman dan bagus jika terkena elemen kimia lainnya atau sinar matahari terus menerus. selain digunakan untuk cetak printing kain, tinta pigment juga digunakan untuk cetak di art paper atau foto paper.
Setiap jenis tinta menghasilkan cetakan yang berbeda-beda. Ada yang warnanya tajam, kusam, cerah dan lainnya. selain itu ada yang awet digunakan dan ada pula yang mudah rusak. saat membuat print kain, anda harus memperhatikan jenis tinta yang digunakan. Supaya hasil kain anda semakin bagus dan berkualitas. Pahami setiap kelebihan kekurangannya, jangan hanya tergoda dengan harga yang murah.

0 Response to "Jenis Tinta Yang Digunakan Untuk Print Kain"

Posting Komentar