Anak Mogok Belajar? Terapkan 6 Tips Membuat Anak Rajin Belajar Berikut ini!


Tantangan dalam mendidik anak memang berbeda dari satu generasi dengan generasi lainnya. Hal ini berlaku pula kepada kita orang tua dalam mendidik dan mengembangkan potensi anak di jaman serba digital seperti sekarang ini. Tentu akan sangat berbeda dengan generasi sebelumnya yang  masih mengalami transisi besar dalam teknologi. Terkadang les anak juga menjadi pilihan yang banyak dicari oleh orang tua dalam mengoptimalkan potensi dan bakat anak.



Namun tidak sering pula orang tua mengeluhkan bahwa anak-anak mereka sangat jarang belajar dan lebih sering menggunakan waktunya untuk bermain game misalnya. Itulah tantangan mendidik anak di jaman yang serba canggih ini, yaitu konsentrasi anak akan lebih sering terganggu dengan perangkat teknologi terutama handphone.

Tips Membuat Anak Rajin Belajar

Lalu apa saja sih yang bisa Anda lakukan supaya anak selalu termotivasi dan rajin untuk belajar?
  1. Temani dan Dampingi Anak ketika Belajar
Salah satu penyebab anak enggan untuk belajar adalah tidak adanya pendampingan dan bimbingan orang tua. Apalagi ketika masa-masa sekolah dasar yang masih sangat  memerlukan orang tua untuk senantiasa mendampingi. Nah, mulai dari sekarang, ketika anak belajar, maka sempatkan untuk melihat, menemani, dan mendampingi ya. Supaya anak merasa senang selama belajar.

  1. Memberikan Arti Belajar
Cara berpikir anak tentu berbeda dengan orang tua. Anak masih harus belajar mengenai lingkungannya dengan baik. Maka sesekali berceritalah kepada anak mengapa kita harus belajar. Apa hadiah yang akan didapatkan oleh orang-orang yang selalu belajar. Hal ini akan menjadi motivasi bagi anak. Selain itu, rasa ingin tahu yang dimiliki anak sangat tinggi, tentu dia akan mempertanyakan mengapa kita harus belajar.

  1. Susunlah Jadwal
Jadwal menjadi penting untuk mengontrol perilaku anak. Jadwal belajar tersebut harus disetujui oleh anak dan oleh orang tua. Itu artinya ketika memasuki waktu belajar, maka anak harus meninggalkan gamenya dan bergegas untuk belajar materi. Dengan jadwal pula, siklus belajar anak akan menjadi teratur. Misalnya jadwal belajar setiap hari pukul 18.00-19.00. Artinya kamu harus belajar di pukul 18.00-19.00 tersebut.


  1. Membuat Pengajaran yang Menyenangkan
Salah satu penyebab anak masih malas untuk belajar adalah kurang menariknya kegiatan belajar dan mengajar. Maka kamu sebagai orang tua harus sekreatif mungkin mengkombinasikan berbagai bahan dan cara untuk membuat pengajaran yang baik.

Misalnya saja dengan mengkombinasikan berhitung dengan gambar, angka, dan warna. Sesuatu yang menyenangkan tentu akan mendapatkan perhatian si anak. Mirip dengan les gambar yang mengkombinasikan berbagai metode belajar yang menyenangkan.

  1. Hargai Hasil Anak
Ketika anak mendapatkan hasil tertentu, sekecil apapun itu sesungguhnya harus dirayakan dan dihargai. Terkadang munculnya kemalasan dipicu oleh kurangnya apresiasi dari sekelilingnya. Maka jika Anda menginginkan anak belajar dengan rajin, hargailah usaha yang telah dilakukan oleh anak.

  1. Berikan Reward
Jika menghargai dapat berbentuk apa saja termasuk ucapan selamat, namun anak tentu akan lebih bersemangat untuk belajar jika kamu memberikan hadiah atau reward atas pencapaian tertentu yang anak peroleh. Hadiahnya bisa apa saja ya. Biasanya hadiah akan diberikan saat anak mengalami progress yang lebih baik.

Demikian beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak rajin belajar. Tentu masih banyak hal lainnya yang bisa dipertimbangkan seperti memberikan les anak dan belajar asyik dengan menggunakan teknologi. Kenali dunia anak dengan baik maka anak juga akan memberikan yang terbaik. Semua tergantung kita para orang tua untuk turut menentukannya.

0 Response to "Anak Mogok Belajar? Terapkan 6 Tips Membuat Anak Rajin Belajar Berikut ini!"

Posting Komentar