6 Tips Memilih E-Commerce B2B Resmi

E-Commerce kini tidak hanya menjalankan bisnisnya dengan model B2C atau melakukan penjualan langsung kepada customer akhir. Kini e-commerce hadir dengan model bisnis B2B, yaitu model bisnis yang menyediakan berbagai produk dengan target market perusahaan atau instansi lainnya yang membutuhkan pengadaan barang. Salah satu contoh e-commerce B2B resmi yang sudah ada di Indonesia adalah Blibli.com.



Ada berbagai perusahaan e-commerce lain yang juga menjalankan bisnis model ini. untuk itu, kamu perlu tahu cara memilih e-commerce B2B agar tidak salah pilih. Berikut ulasannya.

  1. Kemudahan melakukan pencarian
Dalam memilih e-commerce B2B, penting untuk memperhatikan faktor kemudahan dalam pencarian. Pilihlah e-commerce dengan tampilan antarmuka yang mudah digunakan. Selain itu, perhatikan pula keakuratan hasil pencarian. Semakin mudah digunakan, semakin cepat proses pencarian barang yang kamu butuhkan.

Jadi sebaiknya kamu tidak memilih e-commerce dengan desain interface yang membingungkan. Apalagi jika hasil pencariannya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Pilihan vendor yang banyak
Pilihlah e-commerce yang memiliki pilihan produk yang banyak. Hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan pencarian barang yang sesuai. Semakin banyak vendor yang bergabung, semakin banyak pilihan produknya, akan semakin kompetitif persaingan harganya.

Kamu juga sebaiknya mencari tahu, apakah e-commerce B2B resmi tersebut melakukan kurasi terhadap vendor yang bergabung atau tidak. Jika mereka melakukan kurasi, biasanya hanya vendor-vendor terbaik yang berhasil lolos. Jika tidak, kamu perlu hati-hati.

  1. Efisiensi pengelolaan pengadaan
E-commerce B2B tidak hanya sebagai tempat jual beli. lebih dari itu, e-Commerce B2B harus bisa mendukung proses pengadaan berjalan baik. Sehingga terjadi efisiensi dalam pengelolaan pengadaan.

  1. Sistem tracking pengiriman
E-commerce resmi pasti memiliki sistem tracking pengiriman. Hal ini sangat berguna untuk memantau sudah sampai mana barang yang kamu beli sehingga kamu bisa mengira-ngira kapan barang akan bisa diterima dan bisa mulai digunakan.

Untuk itu, pastikan kamu memilih e-commerce B2B yang memiliki sistem tracking pengiriman yang baik. Kalau perlu, pastikan e-commerce tersebut didukung dengan layanan logistik yang bisa menjangkau ke seluruh Indonesia. Dengan begitu, kamu bisa memantau barang yang dikirim melalui sistem tracking yang disediakan. Juga, kamu tidak perlu khawatir lagi barangmu tidak akan sampai atau bahkan salah kirim.

  1. Sistem rekam transaksi
Mayoritas e-commerce juga memiliki sistem rekam transaksi yang baik sehingga perusahaan tidak perlu lagi melakukan perekaman secara manual. Pilihlah e-commerce B2B resmi yang mencatat semua transaksi secara detail, mulai dari pemesanan, pengiriman, hingga pembayaran. Pastikan semuanya tersimpan secara otomatis dalam arsip yang tersedia sehingga akan mudah dilakukan pencarian dan pelacakan pesanan.

  1. Layanan Customer Care
Pastikan juga e-commerce B2B tersebut memiliki layanan costumer yang baik dan tersedia selama 24 jam. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kamu akan lebih mudah melakukan komplain jika terjadi kendala pada barang pesanan kamu. E-commerce B2B resmi biasanya sudah dilengkapi dengan layanan costumer yang baik dan handal.

Itulah lima tips memilih e-commerce B2B resmi. Yang paling penting, pilihlah e-commerce B2B yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. Kamu bisa melihatnya dari jaminan mutu produk dan pelayanan yang diberikan.


Salah satu e-commerce B2B terbaik dan terpercaya adalah Blibli.com. e-commerce asli Indonesia ini tidak hanya menjalankan bisnisnya dalam bentuk B2C, tapi juga dalam bentuk B2B sehingga memudahkan perusahaan-perusahaan yang ingin supply barang kebutuhan kantor. Dengan 1,5 juta produk yang bisa kamu pilih dan layanan pelanggan selama 24 jam, Blibli.com menjadi e-commerce B2B terbaik yang bisa kamu pilih.

0 Response to "6 Tips Memilih E-Commerce B2B Resmi"

Posting Komentar