Service AC: Simak Tips Untuk Merawat AC Agar Awet


Memiliki AC yang awet adalah impian semua orang. AC yang tidak membebani tagihan listrik, tidak membuat kulit kering dan tidak berbau juga termasuk kriteria AC impian. Tapi kemudahan itu bisa hilang begitu saja apabila AC tersebut rusak. Mau tidak mau, Anda pun harus bergegas membawanya ke tukang service AC.

AC dapat rusak jika tidak dirawat dengan baik. Meski begitu faktor umur AC juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Namun rata-rata memang disebabkan karena AC tidak dirawat dengan baik dan benar. Alhasil banyak komponen AC yang berangsur rusak.

Berikut ini tips-tips yang bisa membantu Anda menggunakan AC dengan benar dan dapat membuatnya menjadi awet.

PK AC bisa memenuhi kebutuhan pengguna
PK adalah tenaga yang diperlukan untuk mendinginkan ruangan. PK ini berhubungan dengan luas ruangan AC tersebut. Semakin luas ruangan yang dipakai, semakin besar PK yang harus dipakai untuk mendinginkan ruangan.

Anda harus mencari PK yang sesuai dengan ruangan yang dipakai karena semakin besar PK, semakin besar pula konsumsi listrik yang dipakai. Tetapi, jika PK terlalu kecil, waktu untuk mendinginkan ruangan semakin lama dan juga menambah daya listrik yang dipakai.

AC jangan dipaksa untuk mendinginkan suhu dibawah 22 derajat celsius
AC adalah pengatur suhu udara. Membuat AC bekerja keras terus menerus untuk mencapai suhu 16 derajat celcius, menjadikannya boros energi dan lebih sering rusak. Anda hanya membutuhkan suhu antara 22 sampai 25 derajat celcius. Jadi, jangan mengatur AC pada suhu hingga 16 derajat jika Anda ingin AC yang hemat energi dan awet.
Jangan menyalakan AC langsung setelah dimatikan
Jika Anda sedang menikmati ruangan ber-AC dan tiba-tiba listrik mati karena korsleting lalu menyala kembali, jangan langsung menyalakan AC. Biarkan AC beristirahat untuk mengembalikan cairan pendingin kembali ke kompressor. Alhasil, kompressor akan tetap tahan lama dan tidak mudah rusak.
Tutup ruangan saat menggunakan AC
Kebanyakan orang meninggalkan pintu atau jendela tetap terbuka walaupun menggunakan AC. Hal ini tidak dianjurkan karena jika terdapat udara luar yang masuk, kerja AC semakin berat karena bertambahnya luas ruangan yang harus didinginkan. Hal ini juga membuat AC boros energi. Satu hal untuk mencegah hal ini terjadi adalah untuk selalu menutup pintu jika Anda keluar atau masuk ruangan.
Jadi, jika Anda akan keluar atau masuk ke dalam sebuah ruangan yang ber-AC, pastikan untuk selalu menutup kembali pintu yang ada. Karena jika ada pintu yang terbuka, maka angin dingin akan keluar ruangan. Ini akan membuat AC kembali menurunkan suhu yang ada di dalam ruangan.
Sehingga apabila pintu terus menerus dibuka, sesungguhnya ukuran ruangan yang akan didinginkan menjadi lebih besar dari seharusnya. Kompressor AC pun akan terus bekerja menjaga suhu ruangan tetap sama dengan suhu remote.
Bersihkan ruangan yang menggunakan AC
Debu adalah musuh utama dari AC. Jika suatu ruangan ber-ac jarang dibersihkan dan debu mulai mengumpul di ruangan, AC akan kesulitan bekerja karena debu itu akan mengendap di filter.
Ini juga akan membuat Anda harus melakukan cuci AC lebih sering daripada biasanya. Maka dari itu, lebih baik Anda membersihkan debu yang ada di atas lemari dan juga dinding dengan rutin, agar kinerja AC pun semakin mudah. Jika tak sempat melakukan perawatan ini, Anda bisa mengandalkan jasa service AC.
Perawatan yang teratur
Tips terakhir yaitu perawatan yang teratur minimal 3 – 6 bulan sekali. AC yang kotor, apalagi yang ada di filter, evaporator, dan di kipas AC akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai keadaan pendinginan seperti yang diinginkan. Misalnya : jika kipas dan juga filter AC sudah dipenuhi dengan debu, maka biasanya akan memakai fan dengan kecepatan 1 dan harus maksimum, baru akan muncul udara dingin.
Ini dia yang akan membuat pemborosan listrik. Sama halnya dengan unit outdoor, jika sudah penuh dengan debu dan kotor, pembuangan panas tidak dapat maksimal dan akan membuat compressor menjadi lebih sering mati karena terlalu panas, padahal suhu ruangan yang diinginkan belum tercapai.
Itu dia beberapa tips bagi Anda agar dapat menjaga AC tetap awet. Jika suatu saat AC mengalami kerusakan dan Anda tidak tahu apa sebabnya, jangan ragu untuk memakai jasa service AC. Karena AC Anda akan lebih aman di tangan yang tepat.

0 Response to "Service AC: Simak Tips Untuk Merawat AC Agar Awet"

Posting Komentar